Arsenal Supporters Trust Menentang Perjanjian Kroenke

Organisasi Arsenal Supporters’ Trust mengatakan bahwa mereka sepenuhnya menentang keputusan Stan Kroenke untuk mengambil alih the Gunners secara keseluruhan.

Menurut pihak Arsenal Supporters’ Trust (AST), tindakan Stan Kroenke untuk mengambil alih Arsenal secara sepenuhnya menandakan hari yang sangat mengerikan bagi the Gunners.

Pada hari Selasa tadi, pihak Kroenke Sports and Entertainment (KSE) sudah memberitahukan kepada Bursa Efek London bahwa mereka sudah memajukan rencana mereka untuk membeli 30% saham Alisher Usmanov di Arsenal. Suatu perjanjian yang bernilai 1.8 Miliar Pounds.

KSE sendiri sebenarnya sudah 67% memiliki Arsenal dan sebentar lagi mereka akan mendapat kendali penuh. Kroenke sendiri dengan pembelian ini, klub Arsenal nantinya akan semakin berkembang untuk jangka waktu yang lama.

Tetapi pihak AST tidak percaya dan mengatakan bahwa: “Berita ini menandakan hari yang mengerikan bagi klub sepakbola Arsenal.”

“Tindakan Stan Kroenke untuk mengubah klub menjadi milik pribadi akan menandakan akhir para supporter yang memiliki saham di Arsenal dan peran mereka yang menjunjung tinggi nilai-nilai Kustodian.”

AST kemudian sempat memberikan sedikit gambaran tentang apa yang akan mungkin terjadi kepada Arsenal jika seandainya Kroenke mengambil alih.

“Dengan mengambil klub menjadi milik pribadi, Stan Kroenke akan mampu menjalankan tindakan yang merugikan seperti: membayar biaya manajemen dan laba tanpa melakukan check atau saldo, tidak ada Rapat Umum Tahunan (RUPS) untuk menahan dewan direksi, melepaskan direktur independen, meletakkan hutang mereka kepada Arsenal untuk menopang kepentingan bisnisnya yang lain.”

Selain daripada poin-poin diatas, AST juga memberikan beberapa poin tambahan soal perjanjian ini. Salah satu diantaranya adalah uang yang dipakai merupakan uang pinjaman.
“Pihak AST juga benar-benar prihatin mengingat pembelian ini didanai dengan pinjaman.”

Kemudian mereka menambahkan bagian terpenting dan juga terparah soal kabar pembelian saham ini. Bagian tersebut adalah saham para supporter Arsenal yang dikabarkan akan dibeli paksa oleh pihak Kroenke.
“dan Bagian yang paling mengerikan pada pengumuman ini adalah kabar bahwa Kroenke berencana untuk membeli paksa saham yang dipegang para penggemar Arsenal.”
“Banyak dari penggemar tersebut merupakan anggota AST dan mereka memegang saham bukan untuk keuntungan pribadi tetapi sebagai wali yang peduli dengan masa depan klub.”

Terakhir AST mengungkapkan bahwa Arsenal tidak boleh dipegang hanya oleh satu orang saja. Karena hal tersebut sangat membahayakan bagi klub.
“AST benar-benar menentang pengambil alihan ini. Arsenal masih terlalu penting untuk dipegang hanya oleh satu orang.”