Jordan Henderson Akan Tetap Menjadi Kunci Permainan Klopp

Jorgen Klopp mengatakan kehadiran Naby Keita dan Fabinho di bagian pemain gelandang Liverpool bukan menjadi alasan bahwa Jordan Henderson akan disampingkan.

Jorgen Klopp mengaku, Jordan Henderson akan tetap menjadi kunci permainan tengah Liverpool meskipun kedatangan Fabinho dan Naby Keita.
Henderson sendiri yang merupakan kapten tim sudah kembali ke sesi latihan klub setelah dirinya mebela timnas Inggris di Piala Dunia 2018.
Akan tetapi selama sang pemain sedang menjalani masa liburan tambahan setelah bermain di Russia, Liverpool malah jadi lebih berkembang. Terbukti dari pertandingan sebelumnya dimana mereka membabat Napoli 5-0 pada hari sabtu, sekaligus mengalahkan rival mereka di Premier League, Manchester United dengan skor 4-1 di laga International Champions Cup.
Meskipun begitu, Klopp menyatakan sang gelandang akan tetap masuk dalam rencana timnya untuk musim 2018-2019. Dan mengatakan bahwa kedatangan Fabinho dan Keita merupakan pengganti Emre Can yang pergi ke Juventus.
“Hendo sangat penting bagi kami, bukan hanya sebagai pemain tetapi juga sebagai manusia dan seorang pemimpin,” Ucap Klopp yang dilansir dari FourFourTwo.
“Anda perlu pemain-pemain seperti Hendo dan James Milner untuk membantu mencitpakan suasana khusus di dalam skuat, atau semuanya tidak akan bekerja.”
“Tidak ada keraguan soal Hendo. Saya tidak memerlukan bukti terakhir pada dan selama Piala Dunia 2018 atau pada musim lalu.”

Klopp kemudian sempat menceritakan sedikit masa lalunya dengan Henderson. Dirinya sempat ditanyakan apakah sang pemain memang bisa menjadi yang diharapkan. Sang pelatih pun menjawab dengan sangat yakin.
“Dia perlu belajar bermain di posisi baru. Saya masih ingat pada laga melawan Burnley dimana kami kalah 2-0 meskipun memiliki posisi bola sebesar 80%. Hendo dengan jelas terlibat pada gol pertama dengan serangan yang dirinya tidak dapat selesaikan.”
“Salah satu pertanyaan yang sempat diberikan kepada saya setelah pertandingan adalah: ‘Apakah dia benar-benar dapat bermain sebagai No. 6?’”
“Saya jawab: ‘Ya, dia bisa dan dia akan.’”

Klopp meyakini Fabinho dapat bermain dengan permainan apapun. Yang dibutuhkan hanya belajar dan terus berkembang, maka Henderson akan menjelma menjadi pemain yang hebat.
“Dia perlu belajar dan harus berkembang dan hal tersebut baru saja dia lakukan. Dirinya masih bisa bermain sebagai si delapan atau kami bisa bermain dengan dua nomor enam,”
“Fabinho dapat bermain dengan angka delapan atau apapun, semuanya itu mungkin.”
“Jika sesuatu dapat diselesaikan hanya dengan satu line-up dan yang lain hanya akan dibutuhkan ketika yang utama sedang sakit maka hal tersebut adalah salah dan kami tidak akan memiliki kesempatan.”