Kekalahan yang diterima dengan skor akhir 1-2 di kandang PSIS Semarang (4/11/2018) telah menjadikan evaluasi tersendiri bagi Arema FC. Faktor kelelahan dengan menempuh perjalanan 10 jam hingga menuju Magelang dari Malang dirasakan para pemain Arema yang telah membuat performa tim kurang panas di laga tersebut.
Itulah mengapa, saat menghadapi laga terdekat dengan melawan Perseru Serui, Minggu (11/11/2018), Arema berjanji akan bermain lebih tangguh.
Hal itu dikatakan oleh pelatih Milan Petrovic. Milan melihat bahwa tenaga pemainnya sudah kembali untuk menghadapi Perseru. Apalagi jarak pertandingan, sangat ideal untuk menyiapkan skuatnya.
“Kami yakin pertandingan selanjutnya tim ini akan bermain dengan energi yang lebih bagus karena ada beberapa opsi pemain yang juga dalam kondisi fit,” jelas pelatih yang berasal dari Slovenia tersebut.
Pada saat melawan PSIS, Arema telah kehilangan beberapa pemain, seperti dua pemain sayap yaitu Rivaldi Bawuo (cedera) dan juga Ridwan Tawainella (sakit). “Kami akan lihat kondisi mereka selama latihan ke depan,” jelasnya.
Melihat kemungkinannya, Ridwan berpeluang untuk main karena dia mulai pulih dari sakit demam. Sedangkan untuk Rivaldi, baru diprediksi oleh tim medis Arema untuk bermain lagi di pertengahan bulan November setelah mengalami cedera lutut saat melawan Bali United (20/10/2018).
Disaat kedua pemain tersebut harus absen, Arema mencoba untuk mengandalkan winger muda yaitu Nasir. Namun, pemain asal Tuban, Jawa Timur tersebut masih belum memuaskan dalam permainannya. Indikasinya, dia selalu diganti ketika dua pertandingan terakhir dapat kesempatan sebagai pemain inti.
Arema sebenarnya ada opsi lain di sektor sayap seperti Jefri Kurniawan. Tetapi, tim pelatih mempunyai pertimbangan lain karena Jefri, yang sempat jadi pilihan utama di pengujung putaran pertama, kini jarang dapat kesempatan bermain.
“Kami punya beberapa opsi pemain. Selama persiapan ini akan coba siapa yang pas untuk main melawan Perseru. Kami butuh tiga poin di laga itu untuk menghindari lagi zona berbahaya,” tegas Milan.
Kini Arema harus menduduki di urutan ke-11 klasemen sementara dengan perolehan 38 poin. Selisih enam poin dari Perseru Serui yang ada di zona degradasi.